Indonesia Sehat

Grab this Headline Animator

09 Desember 2008

MCK?? Mandi Cuci di Kali??

Hari ini, saya baru pulang dari daerah Mauk-Tangerang. Sebuah kecamatan di Kabupaten Tangerang yang cukup jauh dari kota Jakarta. Pemandangannya cukup asri, masih hijau dengan latar belakang sawah yang luas.... (jarang2 ditemui di Jakarta dan kota Tangerang sendiri, hehehe). Ditambah lagi aliran kali yang mengiringi di sebelah jalan raya (wah pokoke asri dah, kayak di foto-foto :D), sayangnya saya tidak membawa kamera jadi tidak dapat mengabadikan tempat itu, mungkin lain kali.

Melihat bentuk rumah, dan sekitarnya, saya kira taraf ekonomi dan pendidikan orang-orang di daerah tersebut sudah cukup mampu dan maju. Entah kenapa saya kaget ketika di beberapa tempat di kali tersebut, ada beberapa ibu-ibu sedang mencuci bajunya di kali, padahal air kali tersebut begitu "indah" alias kotor banget (coklat woo...).

Ugh, melihat hal tersebut saya menjadi teringat pengalaman seperti KKN dulu di desa. Waktu itu penduduk memang melakukan MCK di kali karena keterbatasan tempat WC umum dan kesulitan mencari air. Saya tidak tahu pasti, tapi melihat kondisi di Mauk, saya kira mereka semua mampu membuat rumah yang memiliki WC sendiri dan air yang ada pun saya kira cukup melimpah. Tapi kenapa masih mencuci baju di kali??

Melakukan aktivitas bersih-bersih di kali/air yang kurang bersih tentunya berdampak buruk bagi kesehatan. Yang paling jelas adalah banyaknya penyakit kulit yang bisa nempel di sana. Apalagi kalo di ujung kali ada yang buang2.... sesuatu dan di ujung lain ada yang cuci-cuci baju.. Woho.. bayangkan kuman yang saling berebutan untuk menempel di tubuh kita. Kondisi seperti infeksi kulit, jamur dan gatal-gatal akan mudah sekali terjadi.

Air yang kurang bersih, bila digunakan untuk memasak, juga berbahaya mengakibatkan infeksi saluran pencernaan (kondisi ini mungkin hanya terjadi di tempat-tempat yg sangat kesulitan air bersih).

Jadi seperti pesan-pesan untuk iklim (kayak demo "Aksi Untuk Iklim" tgl 6/12 kemaren), saya berpesan hematlah air bersih!!
Tapi untuk pesan kesehatan, gunakan air bersih untuk masak, mandi, cuci2, serta gosok gigi, hindari MCK di kali. Meskipun kali di kali bisa sambil ngerumpi dan ngegosip, tapi ingat kesehatan anda dan keluarga anda lebih penting daripada gosip rumah tangga artis-artis hehehe...

Semoga dengan ini, tingkat kesehatan keluarga Indonesia menjadi semakin baik AMIN!!

Tidak ada komentar:

page counter
Free Web Counter



Powered by  MyPagerank.Net
KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia Blog Flux Directory Yuk.Ngeblog.web.id blogarama - the blog directory Health Blogs - BlogCatalog Blog Directory
Blog Search Engine Add to Technorati Favorites