Indonesia Sehat

Grab this Headline Animator

11 Desember 2008

Berkenalan Dengan Depresi

Tentunya kita sudah mengetahui bahwa krisis ekonomi kini mengancam, banyak orang sudah mulai dirumahkan alias di PHK (secara halus). Kondisi ini membuat seseorang harus beradaptasi dengan kondisi dan tekanan, baik fisik maupun mental.

Ada satu kondisi mental atau kejiwaan yang mungkin sering dibicarakan orang, depresi. Depresi merupakan salah satu kondisi gangguan perasaan alias mood (weleh kayak bahasa gaul aja, gak mood gua :D).

Yuk, kita berkenalan dengan depresi supaya mengenal secara cepat gejalanya. Menurut PPDGJ (Pedoman Penggolongan dan Diagnosis Gangguan Jiwa)-III, depresi (baik ringan, sedang berat), ditandai dengan (dengan kata-kata yang lebih sederhana tentunya :D):
1. mood depresif, jadi orangnya keliatan sedih...
2. kehilangan minat dan kegembiraan
3. cepat lelah dan aktivitas menurun
Gejala-gejala lain:
1. Kurangnya konsentrasi
2. Gak PD
3. Merasa tidak berguna
4. Bahkan kadang merasa ingin bunuh diri
5. Pesimistis
6. Tidur terganggu
7. Nafsu makan berkurang.
Dengan masa berlangsung sekurangnya 2 minggu atau bisa lebih cepat bila memang gejalanya timbul secara cepat dan akut.

Kadangkala gejala depresi pun bisa disertai gejala-gejala somatik (alias penyakit badan), seperti pusing, rasa sakit dll. Ini harus segera dikenali dan segeralah berkonsultasi dengan psikolog atau psikiater.

Ketika saya mencari-cari sumber tentang depresi, ada sebuah link dari yahoo yang sangat menarik, yang disebut Interactive Tools: Are you depressed? (http://health.yahoo.com/other-other/risk-of-depression/healthwise--calc010.html)... Anda bisa mencobanya dan melihat hasilnya. Di situ ada berbagai pertanyaan tentang gejala2 yang anda alami...

Coba lah, dan lihat hasilnya :D... Selamat mencoba...

Tidak ada komentar:

page counter
Free Web Counter



Powered by  MyPagerank.Net
KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia Blog Flux Directory Yuk.Ngeblog.web.id blogarama - the blog directory Health Blogs - BlogCatalog Blog Directory
Blog Search Engine Add to Technorati Favorites