Indonesia Sehat

Grab this Headline Animator

19 Desember 2008

HIV/AIDS, Cegah Sebelum Terkena

Di bulan Desember (ceriaa... :D) ada begitu banyak hari-hari spesial. Terutama di bidang kesehatan dan kemanusiaan. Hari AIDS sedunia jatuh pada tanggal 1 Desember kemarin, sedang tanggal 10 Desember kita memperingati hari HAM sedunia. Seperti tidak ingin ketinggalan, Hari Kesehatan Nasional (HKN) di Indonesia juga jatuh pada bulan ini dan diperingati puncaknya pada tanggal 19 Desember hari ini.

Peringatan-peringatan tersebut justru sangat kontras dengan kondisi yang ada dilapangan. Di saat kita merayakan puncak peringatan HKN ke-44, justru fakta jumlah ODHA, sesuai Kompas (19/12), mencapai 18.963 orang. Sedangkan perkiraan untuk tahun 2009 akan terjadi peningkatan mencapai sejumlah 169.230-216.820 orang. Di seluruh dunia terdapat sekitar 33 juta ODHA, dan AIDS sendiri telah menyebabkan kematian pada 2 juta orang pada tahun 2007.

Statistik yang mencengangkan sekaligus tantangan bagi HKN ke-44 hari ini. Tema HKN kali ini adalah "Rakyat Sehat, Kualitas Bangsa Meningkat". HIV/AIDS masih termasuk problematika kesehatan yang sampai saat ini masih sulit dicegah. Bahkan di Papua (yang termasuk propinsi yang paling banyak memiliki ODHA) mencoba melakukan solusi dengan pemasangan micro chip bagi setiap penderita ODHA. Sebuah terobosan, yang kalo boleh saya katakan, "putus-asa" dan terlalu terburu-buru. (Biasa orang Indonesia, pengennya INSTAN.... ckckckck).

Penularan HIV/AIDS bisa terjadi melalui 3 cara, hubungan seksual, penggunaan jarum suntik bersama, dan penularan dari ibu-ke-anak. Jadi intinya kalo mau menurunkan jumlah HIV/AIDS sekaligus mencegah penularan ya, cegahlah cara-cara penularannya. Penggunaan micro-chip hanya akan menyebabkan para ODHA bersembunyi dan merasa terpinggirkan. ODHA juga manusia (seperi lirik sebuah lagu...:D). Mereka juga berhak hidup sesuai dengan manusia biasa. Pemasangan micro chip merupakan pelanggaran terhadap HAM. Maka sungguh sangat disayangkan bila akhirnya jalan itu yang dipilih. Respect and Protect merupakan semboyan HIV/AIDS sedunia. Mari kita hormati dan lindungi para penderita HIV/AIDS, dan bukan malahan mengucilkannya.

Semboyan ABC... Abstinence (alias tidak melakukan hubungan seksual), Be faithful (jangan berganti-ganti pasangan), dan Condom (menggunakan kondom), jangan hanya tinggal semboyan. Para praktisi kesehatan, pemuka agama dan masyarakat, serta praktisi pendidikan harus mampu meningkatkan moral masyarakat Indonesia.

Pencegahan HIV/AIDS bukan masalah ringan. Butuh kerjasama banyak pihak. Sebagai masyarakat Indonesia, mari kita perangi bersama HIV/AIDS, demi menuju Indonesia yang semakin sehat. Tidak dengan mengucilkan para ODHA, tapi merangkulnya kembali agar lingkungan dan negeri kita semakin terjaga.

1 komentar:

Love Our OMEGA!! mengatakan...

wah, sekarang sudah hari aids sedunia aja nih, taun 2009 ini
saya hanya bisa berharap semoga para penderita aids bisa punya semangat baru untuk hidup :)
dan juga mereka yang tidak, bisa mengubah pola mereka

page counter
Free Web Counter



Powered by  MyPagerank.Net
KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia Blog Flux Directory Yuk.Ngeblog.web.id blogarama - the blog directory Health Blogs - BlogCatalog Blog Directory
Blog Search Engine Add to Technorati Favorites