Indonesia Sehat

Grab this Headline Animator

22 Desember 2008

Ibu Sehat, Generasi pun Sehat

Happy Mother's Day!! Selamat Hari Ibu... Ya, hari ini tanggal 22 Desember, kita memperingati hari Ibu, sudahkah anda memberi ucapan pada ibu anda??

Seperti halnya syair dalam lagu "Kasih Ibu" (kalo lupa, liat aja di iklan salah satu partai hihihi :D), ibu memiliki peran sentral dalam kehidupan kita masing-masing. Dari sudut pandang kesehatan, ibu sangat menentukan kesehatan seorang anak. Mulai dari saat kehamilan, nutrisi yang dikonsumsi ibu sangat menentukan perkembangan janin yang dikandungnya. Pada saat persalinan, ibu akan melahirkan seorang bayi yang mungil dan lucu. Ibu juga berperan dalam kesehatan, dimana setelah persalinan, pemberian ASI harus segera diberikan.

Dalam perkembangan selanjutnya, ibu memainkan peran sangat sentral dalam perkembangan anak. Pemberian ASI eksklusif (ayoo, berikan ASI pada bayinya yaaa!!), imunisasi, dan pembelajaran tumbuh kembang anak merupakan hak si bayi yang harus dipenuhi oleh ibu. Tujuannya semata-mata agar si anak dapat mencapai perkembangannya yang optimal. Ini lah yang, menurut saya, merupakan tugas berat yang dipikul oleh seorang ibu (jelas tidak mudah lhooo!!)

Maka melihat fenomena kawin muda sekarang ini, timbul pertanyaan di dalam benak saya. Siapkah mereka menjadi seorang ibu? Dalam sebuah pengalaman dengan seorang pasien (yang juga seorang ibu tentunya) yang berusia 20 tahun dan sudah memiliki seorang anak, saya cukup sedih karena si anak tidak diimunisasi. Kondisinya pun cukup memprihatinkan karena begitu kurus (tapi belum gizi buruk sihh, untungnya. Tapiii, lama-lama bisa-bisa tu anak jatuh dalam kondisi gizi buruk....). Ibu itu bekerja, dan yang mengasuh sehari-hari adalah neneknya. So, refleksikan itu pada diri anda sekalian yang mau menjadi ibu.

Tidak salah pendapat dr. Handrawan Nadesul dalam artikelnya di Kompas hari ini "kalau lahir generasi yang "sakit", hampir pasti karena dibesarkan oleh ibu yang kebanyakan "tidak sehat". Ibu yang "tidak sehat" kebanyakan lebih sebab ketidaktahuan."

Sekali lagi, Selamat Hari Ibu, bagi anda generasi yang "sehat" sekarang, berbahagialah, karena ibu anda yang "sehat" telah mendidik anda sampai menjadi seperti sekarang ini...

(gambar diambil dari http://www.hertsholistichealth.co.uk/wtm/index.php)

Tidak ada komentar:

page counter
Free Web Counter



Powered by  MyPagerank.Net
KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia Blog Flux Directory Yuk.Ngeblog.web.id blogarama - the blog directory Health Blogs - BlogCatalog Blog Directory
Blog Search Engine Add to Technorati Favorites