Indonesia Sehat

Grab this Headline Animator

16 Desember 2008

Terobosan Untuk Tulisan Dokter - Resep Tanpa Kertas

Kesalahan membaca resep dokter sesungguhnya sangat sering terjadi. Tentunya kita seringkali melihat tulisan dokter yang begitu indah (termasuk juga tulisan saya sih :D) Tulisan bagai ceker ayam atau sandi rumput tersebut kadangkala begitu sulit dibaca dan akhirnya bisa mengakibatkan salah persepsi, terutama dalam hubungan dokter-apoteker. Di Amerika saja, dikatakan kesalahan pembacaan telah merugikan 1,5 juta orang Amerika (woow).

Pemberian obat oleh apoteker akan sesuai dengan resep yang dituliskan oleh seorang dokter. Sayangnya, apoteker dan dokter juga manusia (kayak lagu aja :D). Memang sesungguhnya seorang apoteker telah dilatih sedemikian rupa untuk mencoba membaca dan mengapresiasikan tulisan dokter, namun tidak menutup kemungkinan bahwa kesalahan pembacaan dapat terjadi.

Untuk mengatasi masalah ini, ada sebuah artikel yang menarik berjudul Pushing more doctors to ditch the prescription pad (http://www.physorg.com/news148578376.html). Di Amerika Serikat, mereka sudah memperkenalkan penggunaan resep elektronik. Sayangnya baru 10 persen dokter yang menggunakan metode ini (mungkin tangannya gatel kalo gak nulis :D). Dengan cara ini, dokter tidak lagi menulis resep pada kertas, tapi langsung meminta obat melalui komputer yang online dengan apotik. Apoteker lalu tinggal menyiapkan obat sesuai dg pesanan di komputer.

Ini menurut saya merupakan terobosan besar yang harus dicoba diimplementasikan di Indonesia. Di era kemajuan teknologi, metode ini sangat menguntungkan. Dengan menggunakan komputerisasi, kesalahan pembacaan dapat dihindari, sekaligus komputer dapat mengingatkan dokter bila ada dosis yang berlebihan, ataupun interaksi obat yang tidak dikehendaki.

Ide ini patut dipertimbangkan oleh pemerintah dan pejabat terkait (mungkin bisa jadi program menkes suatu saat di masa yang akan datang hihihihi :D). Harapannya tetap, agar Indonesia menjadi semakin sehat.

(Gambar diambil dari www.paulnoll.com/China/documents/doc-prescription.htm)

Tidak ada komentar:

page counter
Free Web Counter



Powered by  MyPagerank.Net
KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia Blog Flux Directory Yuk.Ngeblog.web.id blogarama - the blog directory Health Blogs - BlogCatalog Blog Directory
Blog Search Engine Add to Technorati Favorites