Indonesia Sehat

Grab this Headline Animator

15 Desember 2008

Info Obat - Paracetamol

Berbeda dengan tulisan-tulisan blog yang sudah ada, sekarang saya juga mencoba memberikan tulisan tentang info obat. Obat Parasetamol, kalo dipikir-pikir, udah seperti menjadi seperti obat andalan untuk mengatasi demam. Bahkan ada sebuah iklan di teve yang sangat jelas menganjurkan pemberian parasetamol.

Parasetamol (entah apa nama paten nya, biasanya sih pake mol-mol tuh belakangnya), merupakan obat yang juga dikenal sebagai asetaminofen. Secara umum, obat ini digunakan sebagai obat penurun panas, dan anti nyeri (lebih ampuh bila diberikan secara kombinasi dengan NSAID).

Dosis obat pada anak secara umum 10 mg/kgBB/kali pemberian, atau lazimnya 500 mg pada dewasa, atau menurut petunjuk dokter. Parasetamol merupakan obat yang, bisa dikatakan cukup aman. Untuk ibu hamil pun, FDA (Food and Drug Administration) memberikan kategori B. (yang intinya cukup aman hehehe:D).

Obat ini di metabolisme di hati, sehingga dosis parasetamol yang berlebihan akan mengganggu fungsi hati. Yah, semua obat adalah racun (hmm.. ingat kuliah dulu hehehe...:D) jadi seaman-amannya obat, tetap ada efek samping yang mungkin muncul.

Oke semoga informasi ini bermanfaat, karena kadang banyak ibu-ibu yang sekarang begitu anak demam langsung memberikan parasetamol, tanpa mengetahui informasi obat yang jelas. Self-medication boleh-boleh saja, tapi hendaknya diikuti juga dengan pengetahuan mendasar tentang dosis dan keamanan obat oke....

1 komentar:

anak farmasi palopo mengatakan...

tolong kasih datanya secara rinci sperti warna obatnya, obat yang tidak bisa digunakan dengan obat ini
makasih...... atas infonya

page counter
Free Web Counter



Powered by  MyPagerank.Net
KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia Blog Flux Directory Yuk.Ngeblog.web.id blogarama - the blog directory Health Blogs - BlogCatalog Blog Directory
Blog Search Engine Add to Technorati Favorites