Indonesia Sehat

Grab this Headline Animator

06 Desember 2008

Ugh... Lupa... Demensia???

Lupa... kayaknya sering yah kita mengalami kondisi lupa-lupa-dan lupa..... Tentunya menyebalkan sekali bila kita menjadi pelupa. Tapi seperti kata banyak orang, "lupa itu manusiawi" hehehe.. :D.

Tapi, kalo kita semakin lama semakin sering lupa, bahkan, mungkin kadang bisa lupa jalan pulang ke rumah, nah.. mungkin itu salah satu tanda adanya demensia. Demensia artinya adalah penurunan kemampuan intelektual, tingkah laku, dan personalitas secara progresif karena adanya penyakit/gangguan di otak, terutama pusat ingatan.

Jadi sesuai definisi, demensia itu progresif, makin lama makin berat dan disertai juga penurunan kualitas tingkah laku serta personalitas. Jadi istilahnya orang itu kembali lagi jadi kayak bayi (alias mundur). Tapi bukannya jadi awet muda, malah kemampuan intelektualnya yang mundur. Kondisi ini sebagian besar mengenai orang berusia lebih dari 65 tahun (jadi udah lanjut usia... ). Tapi kalo mengenai usia di bawah itu ada yang menyebut sebagai demensia presenilis (alias demensia sebelum waktunya, wooo!!)

Nah, seperti yang disebut di atas, penyebabnya adalah gangguan di otak. Apa aja?? bisa macem2... hehe. Kalo itu mengenai daerah ingatan di otak maka pasti akan terjadi gangguan ingatan. Mau itu disebabkan karena trauma, stroke, infeksi, ataupun demensia Alzheimer, semua bisa mengakibatkan demensia. Kadangkala penyebab nutrisi juga bisa menjadi penyebab munculnya demensia. (gambar diambil dari http://www.readwritethink.org/lessons/lesson_view.asp?id=1049)

Jadi mulai sekarang mari kita sayangi otak kita... Makan, makanan yang bergizi.. Pake helm kalo naik motor ya (setidaknya melindungi kepala kan??)... Latihlah otak anda dengan berbagai latihan bagi otak, seperti membaca, ingatan sederhana, sampai hitung-hitungan sederhana, serta berbagai usaha lain bisa dilakukan. Ingat otak kita cuman satu!! :D

Semoga bermanfaat...

2 komentar:

Yuniar Sunarko mengatakan...

Hai Alvin!
Seneng banget 'nemu' blog -mu.. Kebetulan aku punya blog yang judulnya hampir sama : indonesiasehatmental.blogspot.com. Ada juga blog tentang geriatri di rumah sakitku: lawanggeriatri.blogspot.com.
Mudah-mudahan kita bisa terus berbagi..

Alvin mengatakan...

oww. oke mantabh.. keren blognya...^^

salam sejawat..^^

page counter
Free Web Counter



Powered by  MyPagerank.Net
KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia Blog Flux Directory Yuk.Ngeblog.web.id blogarama - the blog directory Health Blogs - BlogCatalog Blog Directory
Blog Search Engine Add to Technorati Favorites