Indonesia Sehat

Grab this Headline Animator

06 Desember 2008

Vitamin K untuk Bayi

Tepat pagi ini, pas banget pas gua bangun, ada sms dari temen gua nanyaiin vitamin K untuk bayi.. Ya udah, jadinya topik kali ini vitamin K aja dah.. hehehe, mumpung hari Sabtu juga jadi gak berat2 banget topik nya.

Buat para ibu-ibu diluar sana yang sedang hamil atau merencanakan punya bayi, vitamin K sangat penting buat bayi baru lahir. Vitamin K, sesuai program pemerintah harus diberikan pada bayi baru lahir, berupa vitamin K1 (fitomenadion).

Vitamin K secara umum sangat membantu dalam proses pembekuan darah (koagulasi, makanya dikasih nama vitamin K - koagulasi, iya ya???!!! kok pas banget??!!! :D). Maka dengan pemberian ini diharapkan mampu mencegah terjadinya gangguan perdarahan pada bayi baru lahir, atau bahasa kerennya Hemorragic disease of the newborn (HDN).

Bayi-bayi yang tidak mendapatkan suntikan vitamin K beresiko besar mengalami HDN. HDN sendiri artinya ya adanya pendarahan, dan yang paling ditakutkan adalah pendarahan otak, kejang, dan akhirnya kematian.

Jadi, mulailah kritis, ingatkan para penolong persalinan (baik itu perawat rumah sakit, maupun bidan puskesmas, atau bidan desa) untuk memberikan vitamin K. Cukup satu ampul, dimasukin lewat paha, mudah, dan yang penting bermanfaat.....

Tidak ada komentar:

page counter
Free Web Counter



Powered by  MyPagerank.Net
KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia Blog Flux Directory Yuk.Ngeblog.web.id blogarama - the blog directory Health Blogs - BlogCatalog Blog Directory
Blog Search Engine Add to Technorati Favorites