Indonesia Sehat

Grab this Headline Animator

14 April 2010

Pertolongan Pertama: Kejang

Hufft,, saya mohon maaf karena kesibukan, saya baru sempat menulis blog ini kembali. Cukup lama juga, well, kali ini setelah bermeditasi *agak lebay.. akhirnya saya memutuskan menulis tentang pertolongan pertama. Dan topik pertama adalah kejang..

Kejang merupakan kontraksi otot secara involunter akibat berbagai sebab. Secara medis banyak sekali penyebab kejang. Tapi pada tulisan ini, kita fokus saja pada kejang yang mungkin ditemui pada kondisi sehari-hari. Kejang klojotan seluruh tubuh sangat mungkin anda jumpai di kehidupan sehari-hari. Lalu apa yang harus anda lakukan??

1. Tetap tenang *kayaknya poin ini selalu menjadi no.1 ya hehehe.. dan segera panggil petugas medis atau bala bantuan.
2. Singkirkan benda-benda disekitar penderita, apalagi benda-benda yang membahayakan. Pastikan penderita memiliki ruang yang cukup untuk bergerak-gerak alias kejang. *termasuk juga orang-orang yang menonton, hendaknya jangan dekat-dekat.
3. Jangan memasukan apapun ke dalam mulut penderita. Apapun, termasuk itu tangan anda. Kontraksi yang involunter dapat sangat hebat, termasuk di mulut. Sehingga benda apapun dapat putus, atau terluka. Ingat keselamatan anda juga penting. *ini juga mencakup jangan memberi makan atau minum apapun..
4. Berkaitan dengan no.3, jangan juga berusaha mendekap penderita. *anda bisa ditonjok, meski si penderita tidak bermaksud demikian...
5. Segera setelah kondisi kejang menurun/membaik, miringkan penderita. Sebagian penderita kejang akan mutah setelah kejang,, sehingga posisi miring ini dapat mencegah terjadinya aspirasi. Lalu segeralah membawa penderita ke pusat kesehatan atau rumah sakit terdekat.

Ingat, pertolongan pertama sangat berarti, jadi bersiagalah dan selalu siap membantu :D

Tidak ada komentar:

page counter
Free Web Counter



Powered by  MyPagerank.Net
KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia Blog Flux Directory Yuk.Ngeblog.web.id blogarama - the blog directory Health Blogs - BlogCatalog Blog Directory
Blog Search Engine Add to Technorati Favorites