Indonesia Sehat

Grab this Headline Animator

20 Mei 2010

Pertolongan Pertama: Asma

Salam jumpa kembali, di tulisan kali ini, saya mencoba memberikan beberapa tips pertolongan pertama untuk asma.

Asma terjadi akibat tubuh seseorang berespon berlebihan terhadap suatu alergen. Respon berlebihan tersebut muncul di saluran pernafasan, dimana terjadi penyempitan saluran pernafasan yang masif. Maka, sesak merupakan tanda utama untuk asma. Tidak sulit untuk mengetahui seseorang penderita asma atau bukan. Biasanya penyakit ini kambuh-kambuhan, dan penderita memang sudah mengetahui kondisi tubuhnya.

Jadi, apa yang harus kita lakukan bila kita menjumpai penderita asma yang tiba-tiba mengalami serangan? Singkatan Breath (dari bahasa Inggris, yang dibaca B-ri-t-h) mungkin bisa membantu anda.
PS: singkatan ini hanya rekayasa saya saja untuk memudahkan kita mengingat... semoga membantu.. :D

1. B-erpindahlah ke tempat yang berudara bersih, sekaligus jauhkan dari alergen yang mungkin memicu asma, misalnya debu, asap rokok, asap kendaraan, serbuk sari bunga, kutu hewan peliharaan, dll.

2. Ri-leks dan tenangkan penderita. Posisi yang paling nyaman untuk penderita asma biasanya adalah duduk. Dengan duduk, membuat rongga paru-paru lebih luas daripada tiduran, sehingga bisa membantu pernafasan si penderita. Selain itu, tenangkan diri anda dan penderita, aturlah irama pernafasannya semaksimal mungkin.

3. T-reatment. Gunakan obat-obatan semprot asma. Biasanya penderita asma yang kambuh-kambuhan memiliki obat semprot (inhaler). Segera gunakan dengan cara yang tepat dan benar. Bantulah penderita untuk menggunakannya sendiri.

4. H-elp. Apabila serangan asma dirasa sangat berat, atau setelah 2x semprot yang optimal tidak memperbaiki gejala, atau bahkan terjadi perburukan gejala. Segeralah mencari bantuan. Hubungi dokter atau rumah sakit terdekat.

2 komentar:

dunia kecil indi mengatakan...

thanks tips'nya :) berguna sekali buat kami (me&my fiance, lol)

zainalmst mengatakan...

tipsnya mudah diingat, meskipun kayakx tdk mudah tuk dipraktekkan...TKS

page counter
Free Web Counter



Powered by  MyPagerank.Net
KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia Blog Flux Directory Yuk.Ngeblog.web.id blogarama - the blog directory Health Blogs - BlogCatalog Blog Directory
Blog Search Engine Add to Technorati Favorites