Indonesia Sehat

Grab this Headline Animator

27 November 2008

Rabies - Penyakit Anjing Gila

Tadi pagi abis baca koran Kompas dengan judul "Bersatulah Bupati untuk Tangani Rabies". Jadi sekarang saya mo mencoba membahas rabies.

Penyakit ini disebabkan oleh virus rabies yang masuk ke manusia harus melalui hewan mamalia (jadi bukan cuman anjing). Terbanyak memang ditularkan oleh anjing, tapi hewan lain seperti serigala, bajing, bahkan kelelawar ternyata juga bisa menularkan virus ini ke manusia.

Yang bahaya, penyakit ini sangat berat dan sering menimbulkan kematian. Terbukti di Kompas disebutkan "sejak tahun 1997, virus rabies telah membunuh 200 orang". Bukan jumlah yang sedikit kan??

Setelah digigit oleh anjing (atau hewan apapun yang membawa virus rabies), dalam waktu beberapa minggu sampai beberapa bulan, akan muncul gejala-gejala seperti flu, badan gak enak, demam, nyeri kepala, dll. Selanjutnya gejala akan diikuti dengan halusinasi, penurunan kesadaran, hiperaktif, kejang, ngiler terus (yah kayak gila gitu deh....). Dalam waktu seminggu setelah itu, penderita rabies akan mengalami koma, gangguan jantung, gangguan nafas, dan akhirnya kematian.

Melihat gejala yang mengerikan itu, bener banget apa yang disebutkan Kompas (sesuai juga dengan pepatah), bahwa pencegahan itu lebih penting daripada pengobatan. Rabies sebenarnya mudah sekali dicegah. Vaksinasi rabies terhadap anjing, sudah mulai dilakukan semenjak tahun 1960-an di Amerika (wooww, udah lama banget...), dan ini sudah terbukti mengurangi kejadian rabies secara bermakna.

Miris memang melihat kondisi di Indonesia, dimana beberapa daerah masih mengalami endemisitas rabies. Kesadaran si pemilik binatang (terutama anjing) dan dinas kesehatan yang terkait harus bahu-membahu memberantas penyakit rabies ini. Biar anjing sehat, manusianya juga sehat!!!
page counter
Free Web Counter



Powered by  MyPagerank.Net
KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia Blog Flux Directory Yuk.Ngeblog.web.id blogarama - the blog directory Health Blogs - BlogCatalog Blog Directory
Blog Search Engine Add to Technorati Favorites