Indonesia Sehat

Grab this Headline Animator

05 Januari 2009

Apel, Sumber Antioksidan yang Kuat

Waktu kecil dulu (bahkan sampai sekarang), kita semua mendengar bahwa makan banyak sayuran dan buah-buahan sangat baik bagi kesehatan kita. Plus ditambah lagi, kalo diluar negeri sana, ada istilah "an apple a day keeps the doctor away" (wadooh dokter gak laku :D). Itu semua ingin menunjukkan kepada kita pentingnya makan buah-buahan terutama dalam hal ini apel.

Berbagai penelitian telah menunjukkan hasil-hasil yang signifikan akan pentingnya mengkonsumsi buah apel. Apel memiliki komposisi bahan fitokimiawi, terutama flavonoid, yang sangat tinggi. Bahan-bahan ini lah yang menjadi sumber antioksidan penting dalam tubuh kita. Antioksidan akan melawan proses oksidasi dalam tubuh kita dan dapat mencegah timbulnya berbagai penyakit kronik dan kanker.

Salah satu penelitian di Hawaii (Le Marchand L dkk, 2000) menunjukkan bahwa konsumsi apel dapat menurunkan resiko kejadian kanker paru-paru. Di Finlandia (Knekt P dkk, 1997) juga menemukan hasil yang kurang lebih sama. Untuk penyakit kardiovaskuler (jantung pembuluh), apel juga terbukti mampu menurunkan resiko kematian akibat penyakit jantung koroner (Arts I dkk, 2001; Knekt P dkk, 1996). Disebutkan pula apel mampu memperbaiki fungsi paru-paru (Tabak C dkk, 2001). Tidak hanya itu semua, apel juga disebut-sebut mampu menurunkan resiko terjadinya diabetes tipe II (Knekt P dkk, 2002).

Selain efek antioksidan, apel memiliki pula efek anti-proliferasi. Efek ini lah yang sangat penting untuk melawan kanker. Efek ini lah yang menjelaskan mengapa konsumsi apel dapat menurunkan resiko kejadian kanker. Efek lainnya, apel mampu menurunkan kolesterol pada manusia. Inilah yang menjadi alasan mengapa apel mampu menurunkan resiko penyakit kardiovaskuler pada manusia.

Selain fitokimiawi, tentunya kandungan vitamin, serat dan air yang banyak di dalam apel, juga turut memberikan efek positif bagi mereka yang mengkonsumsinya secara rutin. Di Indonesia, apel mudah ditemukan di berbagai supermarket sampai pasar-pasar tradisional. Mungkin tidak ada salahnya kalau anda mencoba mengkonsumsi apel secara rutin. Siapa tahu kata-kata "an apple a day keeps the doctor away" dapat anda buktikan sendiri. Selamat mencoba...

(Gambar diambil dari http://www.parade.com/food/glossary/i/i.html)

Tidak ada komentar:

page counter
Free Web Counter



Powered by  MyPagerank.Net
KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia Blog Flux Directory Yuk.Ngeblog.web.id blogarama - the blog directory Health Blogs - BlogCatalog Blog Directory
Blog Search Engine Add to Technorati Favorites